email administrator:
julianusjuli@adhitya.co.id
47955
Racking Equipment PDF Print E-mail
Written by ria   
Monday, 20 September 2010 06:09


Computer Rack


Computer Rack adalah sebuah rak besi yang dibuat khusus sebagai tempat meletakkan berbagai peralatan komputer serta peralatan jaringan komputer agar tersusun rapi, aman, hemat tempat, awet serta mudah dalam pemeliharaannya.

  • Rapi karena semua peralatan tidak berserakan dan tersebar
  • Aman karena dilengkapi dengan kunci sehingga akses ke peralatan hanya terbatas pada pemilik kunci
  • Hemat tempat karena pemasangan peralatan dapat dilakukan secara vertikal sehingga hanya memerlukan lebih sedikit luasan ruangan
  • Awet karena sistem grounding dan pendinginan peralatan dapat diatur dengan optimal
  • Mudah dalam pemeliharaan karena lintasan sistem perkabel akan lebih mudah ditelusuri

 

Ukuran rak khusus komputer ini standard yaitu:

1.    Lebarnya 19” atau 24”
Karena lebih banyak peralatan yang memiliki lebar 19” seperti server model rak, blade server,   storage, ups, switch, router dan sebagainya.sehingga rak lebar 19” ini lebih populer.

1.    Tinggi rak dinyatakan dalam satuan RU (Rack Unit) atau biasa disingkat U saja. 1U = 4,4 cm = 1.75”. Tinggi rak dapat dipilih sesuai kebutuhan tergantung pada banyaknya peralatan yang akan diletakkan di dalam rak. Umumnya pabrikan menyediakan rak dengan ketinggian 8U hingga 45U.

 


2.    Kedalaman rak
Kedalaman rak ini bervariasi. Biasanya dinyatakan dalam satuan mm (milimeter). Pastikan alat yang akan dipasang memiliki dimensi yang sesuai dengan kedalaman rak agar saat pemasangannya tidak menimbulkan masalah.


Menurut cara pemasangannya, rak untuk komputer ini dibedakan atas:
1.    Wall Mounted Rack: dipasang menempel / tergantung pada dinding
2.    Standing Rack: berdiri sendiri

Wall Mounted Rack lebih banyak dipakai untuk keperluan pemasangan perlengkapan jaringan komputer seperti switch, router pada tempat-tempat yang memerlukan pemasangan alat tersebut agar terjamin aman dan rapi. Biasanya Wall Mounted Rack dipasang menggantung pada dinding menggunakan baut jenis dynabolt. Wall Mounted Rack tersedia dalam bentuk single door (satu pintu) serta double door (dua pintu dengan engsel terpasang sedemikian sehingga bila dibuka dapat membentuk konfigurasi huruf Z). Wall Mounted Rack dengan dua pintu lebih memberikan keleluasan untuk pemasangan peralatan karena dapat diakses dari sisi depan maupun belakang (misalnya untuk pemasangan kabel power pada sebagian besar peralatan yang letaknya disisi belakang). Tergantung merk dan modelnya Wall Mounted Rack tersedia dalam ukuran tinggi 8U, 9U, 12U serta 15U. Kedalaman wall mounted rack yang umum adalah 450 mm / 470 mm / 500 mm / 550 mm untuk rack ukuran 8U / 9U / 12U serta 580 mm / 600 mm pada rak ukuran 15U. Sisi depan wall mounted rack umumnya menggunakan kaca (tempered glass) atau kaca akrilik (acrylic glass) sehingga indikator peralatan yang terpasang di dalam rack bisa diamati dari luar tanpa harus membuka pintu rak.

Beberapa aksesoris rak yang umum dipasang pada wall mounted rack adalah:

  • flat shelf (papan besi datar untuk meletakkan peralatan yang tidak dirancang untuk dipasang dalam rak / non rackmountable)
  • horizontal cable tray atau wire management agar pemasangan kabel-kabel penghubung antar perangkat dalam rak bisa lebih rapi
  • blank panel untuk menutup bagian rak yang tidak dipasang peralatan lain agar sirkulasi pendiginan udara bagi peralatan yang terpasang bisa berjalan dengan optimal
  • horizontal power outlet yang menyediakan colokan listrik bagi perangkat-perangkat yang terpasang dalam rak
  • exhaust fan untuk sirkulasi pendinginan udara dalam rak
  • baut dan sekrup untuk memasang peralatan ke dalam rack


Standing rack dibedakan atas 2 macam:
1.    Standing Open Rack
2.    Standing Closed Rack

1.    Standing Open Rack biasa dipakai untuk pemasangan perlengkapan komputer yang tidak memerlukan pengamanan ekstra, atau karena peralatan yang terpasang akan sering diganti-ganti. Sesuai namanya rak tipe ini hanya menyediakan rangka besi semacam gawang sebagai tempat meletakkan peralatan tanpa tutup apapun. Karena sifatnya yang tanpa tutup disarankan rak ini hanya dipasang pada ruangan yang terkunci dengan baik, serta dilengkapi dengan sirkulasi udara untuk pendinginan yang baik karena hampir semua asesoris pendinginan peralatan (cooler accessories) tidak bisa bekerja secara efektif pada standing open rak. Standing open rack tersedia dalam ukuran 15U, 20U, 25U, 30U, 40U, 42U dan 45U.


2.    Standing closed rack merupakan standing open rack yang dilengkapi penutup pada sisi bawah, samping, depan, belakang serta atas sehingga menyerupai lemari pakaian. Standing closed rack umumnya dipakai sekaligus untuk menyimpan peralatan seperti server model rack, blade server, storage, UPS, patch panel, switch, KVM, monitor dan sebagainya dalam ruang server. Desain standing closed rack yang bagus memungkinkan beberapa rak dipasang saling menyambung sehingga memudahkan pemasangan jalur kabel antar peralatan yang terletak di rak yang berbeda. Umumnya standing closed rack memiliki penutup samping kiri / samping kanan / sisi atas / sisi bawah dan pintu belakang dari besi serta pintu depan besi dilengkapi kaca akrilik atau tempered. Pintu depan dan belakang biasanya dilengkapi handel berkunci. Standing closed rack tersedia dalam ukuran tinggi 20U, 27U, 30U, 36U, 40U, 42U, dan 45U. Kedalaman standing closed rack umumnya adalah 600mm, 675 mm, 800 mm, 900 mm, 1100 mm.

Semua asesoris rak yang dapat dipasang pada wall mounted rack dapat juga dipasang pada standing closed rack. Selain itu beberapa asesoris lain berikut juga sering kali ditambahkan pada standing closed rack adalah:

  • cantilever shelf berupa papan besi datar yang tidak terlalu dalam yang biasa dipakai untuk meletakkan monitor / display server
  • drawer, papan besi datar menyerupai laci yang dapat ditarik keluar. Biasa dipakai untuk tempat meletakkan keyboard / mouse
  • vertical cable tray untuk tempat merapikan kabel
  • vertical power outlet yang menyediakan lebih banyak colokan listrik
  • jacking feet; alas kaki karet yang dapat diatur ketinggiannya untuk memastikan agar rak dapat dipasang secara mendatar sempurna walaupun terletak pada permukaan lantai yang kurang datar.
  • castor set; roda pada kaki rack dengan pengunci agar rack mudah dipindahkan.

 

Last Updated on Monday, 20 September 2010 06:33