email administrator:
julianusjuli@adhitya.co.id
47972
Data Center Tercanggih Di Dunia PDF Print E-mail
Written by ria   
Wednesday, 27 October 2010 04:21

Data Center paling canggih di dunia ini di bangun di bawah kota Stockholm, Swedia. Pada awalnya,Data Center ini adalah sbuah bunker nuklir yang di bangun pada masa Perang Dingi. Bunker nuklir itu dulunya bernama Pionen. Tahun 2007-2008 pemerintah Swedia mengubah Pionen tersebut menjadi pusat informasi yang sangat rahasia yang di bangun secara futuristk. Dinding Data Center terbuat dari kaca. Jadi seperti rumah kaca di dalam tanah gitu. Ada air terjun buatan, akuarium air asin dengan volume air 2.600 liter dan sinar Matahari buatan.

 

 


Untuk bisa masuk ke Data Center harus melelui pintu setebal 40 cm(mau msk juga, ribet banget gan). Semua ruangan didesain tahan terhadap bom hidrogen. Jadi kalo ada bom yang kekuatannya seperti bom yang di pakai ngebom Hirosima dan Nagasaki, Data Center ga bakalan hancur gan. Ruang konferensi di desain seperti ruang Luar Angkasa, sedangkan lantai ruang konfrensi di desain seperti permukaan bulan. Network Operation Centernya di desain menyerupai hutan belantara yang dilengkapi kabut buatan. Sedangkan dekorasi ruangan diwarnai dengan air terjun buatan dengan banyak tumbuh–tumbuhan.

 


Pasokan listriknya diletakan di dalam ruangan yang mirp kapal selam. Tenaga listrik itu mampu menghasilakn listrik sebesar 1,5 mega watt. Sedangkan jalur Internetnya di akses melalui serat optik yang di pasang di bawah gunung. Data Center ini Cuma mempekerjakan 15 orang karyawan senior.


Beberapa fakta menarik tentang data center ini:

  • Pada awalnya merupakan sebuah bunker nuklir yang digunakan dalam masa perang dingin. Saat itu bunker ini diberi kode nama Pionen White Mountains .
  • Terletak 30 meter di bawah lapisan granit yang berada tepat di bawah Stockholm , Pionen memiliki luas 1.110 meter persegi.
  • Pionen dirombak total menjadi data center mutakhir di tahun 2007-2008. Saat pembangungn mereka harus meledakkan batu sebanyak lebih dari 4.000 meter kubik untuk membuat ruang.
  • Pionen dirancang untuk dapat bertahan dari serangan bom hidrogen.

 

  • Pionen berisikan NOC yang mengontrol lima dari data center yang dimiliki Bahnhof, salah satu ISP terbesar di Swedia. Fasilitas tersebut juga berfungsi sebagai tempat hosting colocation jadi apabila ingin, Anda dapat menempatkan server Anda di situ (saya yakin harganya tidak murah).
  • Listrik cadangan dihasilkan oleh dua mesin diesel Maybach yang biasanya dipakai di kapal selam Jerman, mampu memproduksi daya sebesar 1,5 Megawatt.
  • Akses internet dengan redundasi tiga lapis, jaringan itu terbuat dari serat optik melalui tiga jalur yang berbeda di bawah gunung. Pionen merupakan salah satu tempat dengan koneksi internet terbaik di Eropa Utara.
  • Lingkungan kerja Pionen dilengkapi dengan rumah kaca, air terjun, akuarium air asin sebesar 2.600 liter dan sinar matahari buatan untuk menjaga kenyamanan karyawan.
  • 15 karyawan senior bekerja full time di Pionen